Prodi BK USD Lakukan Kunjungan Studi ke Prodi BK UNM dan Adakan Temu Alumni BK USD se-Jawa Timur

diupdate: 3 tahun yang lalu

 
 
 
  
 

Sebagai program studi (prodi) yang sudah sangat tua di Universitas Sanata Dharma (USD), prodi Bimbingan dan Konseling (BK) USD perlu menambah wawasan untuk selalu meningkatkan kualitas prodi. Oleh karena itu pada tanggal 18-19 Desember 2011, tim dosen prodi BK USD mengadakan temu alumni BK USD se Jawa Timur dan melakukan kunjungan studi ke prodi BK Universitas Negeri Malang (UNM).

Pada hari pertama, tim dosen BK USD mengadakan temu alumni prodi BK USD se Jawa Timur, bertempat di Biara Santa Maria yang sekaligus menjadi tempat menginap tim dosen. Sebelum acara dimulai, didahului dengan ramah tamah yang sangat terasa hangat dan penuh kebahagiaan karena alumni bisa bertemu dengan dosen-dosen yang dulu mengajarnya dan memberi banyak ilmu Bimbingan dan Konseling serta nilai-nilai kehidupan yang humanis. Selain itu dosen-dosen juga senang dan bangga bisa bertemu dengan para alumni yang sekarang sudah bisa berkarya dan mengimplikasikan ilmu yang diberikan dengan baik di sekolah mereka berkarya. Acara dilanjutkan dengan perkenalan oleh setiap alumni, kemudian Tim Dosen BK USD mempresentasikan keadaan dan kemajuan prodi BK USD sekarang kepada para alumni. Selain itu juga ada presentasi dari mahasiswa prodi BK yang menjadi Student Staff Humas USD, menyampaikan deskripsi pandangan guru dan siswa terhadap guru BK USD di beberapa sekolah yang berkarya di Jawa maupun Luar Jawa. Tujuan dari presenstasi ini adalah memberikan deskripsi dan memberikan wawasan kepada para alumni BK tentang guru BK USD yang berkualitas, dewasa susila dan memiliki program-program BK yang baik.

Acara yang tidak kalah penting adalah alumni memberikan masukan kepada prodi BK USD agar semakin berkembang. Setiap masukan yang diberikan oleh para alumni berdasarkan kebutuhan di lapangan dan di jaman sekarang. Masukan dari alumni tersebut direspon baik oleh para dosen, yang nantinya akan ditindak lanjuti agar prodi BK USD semakin berkualitas dan komprehensif. Selanjutnya sebagai penutup kegiatan temu alumni, dilakukan misa yang dipimpin oleh Romo Pankreas SJ diikuti oleh para dosen dan alumni prodi BK USD.

Pada hari kedua, tim dosen prodi BK USD melakukan kunjungan studi ke prodi BK Universitas Negeri Malang. Kedatangan tim dosen BK USD disambut hangat oleh dosen prodi BK Universitas Negeri Malang. Acara dimulai dengan perkenalan dan penyampaian maksud kedatangan prodi BK USD ke prodi BK Universitas Negeri Malang, setelah itu acara berikutnya adalah prodi BK Universita Negeri Malang menjawab dan membahas beberapa pertanyaan yang sebelumnya sudah dikirimkan Prodi BK USD kepada prodi BK Universitas Negeri Malang. Pada acara ini tampak sekali tim dosen prodi BK USD sangat semangat, kelihatan dengan banyak pertanyaan kritis yang disampaikan kepada tim dosen prodi BK Universitas Negeri Malang. Kemudian acara di akhiri dengan kunjungan ke laboratorium dan melihat fasilitas-fasilitas yang ada di prodi BK Universitas Negeri Malang. Semoga dengan dua kegiatan di Malang ini prodi BK USD semakin cerdas dan humanis. (Agz)