IKATAN ALUMNI SANATA DHARMA

(IKASADHAR)

 

PENDAHULUAN

Keluarga alumni sanata Dahrma (KASADHAR) berawal dari jasa kelompok Jumat Siang yakni kelompok informal yang terdiri dari para alumni IKIP Sanata Dharma lulusan tahun 1964 yang setiap hari jumat (sebulan sekali) sesudah jam 13.00 WIB mengadakan pertemuan di Kantor NAKER DKI Jakarta. kelompok ini terdiri dari Bpk. Sugiharso, Bpk Budimaryoto, Sumartedjo, J. Soedijono, Asmadhi, Bpk Suparno, Bpk Mudjojo dan Ibu Utari. Bermula dari ngabrol bareng sambal makan siang tercetus gagasan untuk mengumpulkan aluni IKIP Sanata Dharma yang berada di Jakarta. Pertemuan pertama dengan bentuk arisan, perteuan berikutnya tercetus gagasan mendirikan yayasan. Pada tanggal 12 Maret 1989 di Wisma Cibogo, Bogor Paguyuban Alumni IKIP Sanata Dharma Jakarta secara resmi didirikan dengan Akta Notaris J.L. Woworuntu. Yayasan dengan nama Dharma Prakerti dengan Pengurus G. Sugiharso (Ketua), Pratiwi Tjahjono (Wakil Ketua), Asmadhi Bramasthagiri (Wakil Ketua) J. Soedijono (Sekretaris) Sri Oetari (Bendahara) Drs. P.C. Mudjijo (anggota) dan J. Soematedjo (Anggota). Bertindak sebagai Pengawas Soeparno, Sugiman dan F.X. Bandiman dan bertindak sebagai Penasehat Budimaryoto.

Pada 29 Juni 1990 atas prakarsa dari Keluarga Alumni Jakarta, diadakan reuni akbar dengan agenda membentuk Ikatan alumni Sanata Dharma. Pertemuan Reuni Akbar dalam rangka Lustrum ke V atau Dies Natalis 35 [1] mengesahkan AD/ART Keluarga Alumni IKIP Sanata Dharma.

Pertemuan Alumni pada tahun 1995, membentuk Kepengurusan Keluarga Alumni Sanata Dharma (Kasadhar) Sebagai berikut

Pelindung                    :       Dr. M. Sastrapratedja, S.J. (Rektor)

Penasehat                  :       Drs, G. Moedjanto, M.A.

Ketua Umum             :       Drs G. Sukadi (Selaku PR III)

Ketua I                          :       Drs. Chr. Kristanto, D.H.

Ketua II                        :       Drs. G. Sukadi

Ketua III                       :       Drs. Y.B. Suparlan

Ketua IV                       :       Drs. Yudhono

Sekretaris I                 :       Drs. A. Atmadi

Sekretaris II                :       Drs. Ph. Joko Pinurbo

Bendahra I                  :       Jos Subiyanti

Bendahara II              :       Siti Samsirin

Bendahara III             :       Drs. P.H. Rubiyanto

 

Pada tahun 2005 diadakan Temu alumni Akbar dalam rangka 50 tahun Sanata Dharma. Temu alumni akbar diselenggarakan diskusi dengan Tema Peran Strategis Alumni dalam Peningkatan Mutu Pendidikan tinggi  dengan pembicara Bpj Dr. J. Kristiadi, Prof. Dr Herman Y. Waluyo (Alumni PBSI) dan Tommy Nugroho, S.Si., Apt.

Pada tanggal 28 Agustus 2008, diadakan Pertemuan Alumni di Kolese Kanisius Menteng, Jakarta. acara di dahului dengan misa oleh Rm Dr. James Spillane, S.J. dilanjutkan dengan Upadating Universitas Sanata Dharma, sharing dan ditutupo dengan ramah Tamah. Acara dihadir sekitar 250 alumni yang berada di Jabotabek.

Pada Bulan Desember 2013 Ikasadhar mengadakan temu alumni dengan mengundang ibu Megawati soekarnoputri selaku putri Bpk Presiden Soekarno. Bpk Soekarno adalah Presiden yang pernah hadir di Universitas Sanata Dharma dan menanam pohon beringin yang sekarang dinamai beringin Soekarno. Kehadiran Ibu Megawati dimaksudkan napak tilas Ayahandanya dan memberikan gambaran politik bagi civitas akademika.

 

PENGURUS IKATAN ALUMNI SANATA DHARMA

Pada tahun 2014 Akta Pendirian Perkumpulan Alumni Sanata Dharma disahkan dengan akta Natoris Henricus Subekti, S.H. No. 01 tanggal 03 Juli 2014. Dan tercatat di Menkumham no.

Susunan Pengurus Pusat

Ketua Umum                 : Dra. A. Rumadi

Ketua                                : Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D.

Sekretaris Umum         : Markus Sukmono, S.Pd., M.M.

Sekretaris                        : Dian Sari Dewanti, S.E.

Bendahara                      : Magdalena Indria Dewi

 

Pengawas

Ketua                                : Dr. C. Teguh Dalyono, M.S.

Anggota                           : Albertus Purwanto

 

 

 



[1] Sambutan Rektor dalam Buku Kenangan Reuni Akbar Alumni IKIP Sanata Dharma 29-30 Juni 1990

 

  kembali